Dan Pecah di Standup Comedy KOPER

19 Feb 2012

Baru saja sampe kost-an, langsung terpikir buka laptop buat update blog. Update blog soal acara Standup Comedy KOPER pukul 20.00 wib hingg 23.20 wib tadi ( tanggal 17/02/2012 ) di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki Jakarta. Saya beruntung bisa menonton acara Stand Up Comedy KOPER itu, acaranya keren. Apalagi tiketnya gratis dari temen kantor.

Standup Comedy KOPER: Standup Comedy dan Teater

Dari namanya Stand Up Comedy sudah jelas itu adalah acara Stand Up Comedy yang sekarang lagi hype di Indonesia. Eh kalau ada yang bertanya Apa itu standup comedy? tak perlu saya jelaskan panjang lebar, silahkan googling saja “Stand Up Comedyatau “Stand Up Comedy Indonesia”.

Stand Up Comedy KOPER ini berbeda dengan acara Standup Comedy yang biasa saya liat Youtube, Metro TV dan KompasTV. Biasanya Comic tampil sendiri-sendiri. Cerita yang disampaikan oleh satu comic dengan comic lainnya tidak berkaitan.

Akan tertapi berbeda Stand Up Comedy KOPER ini, comic memanikan satu alur cerita seperti layaknya teater. Begitu juga latar panggung, tata cahaya, music juga di set seperti layaknya sebuah pertujukan Teater. MEnariknya tanpa menghilangkan jati diri Stand Up Comedy itu sendiri yang tampil sendiri dan si Comic-nya tetap bisa open mike seperti ciri kahsnya masing-masing.

Menurut saya itu yang menarik ide bagus, menggabungkan teater dan Standup comedy. Alur ceritanya sederhana, teaternya dapet dan tentunya Standup comedynya jelas dapet. Setiap comic juga tak kehilangan ciri kahsnya, seperti ernes dengan Cinanya, akbar dengan politiknya, Boris dengan bataknya, Sakdiyah dengan Arabnya dan lainnya.

Standup Comedy : Hiburan Alternatif

Stand Up Comedy yang sekarang lagi hype memang di Indonesia. Orang mulai mengenal genre Comedy yang satu ini di Indonesia walaupun sebenarnya sudah dagelan ala Stand Up Comedy ini sudah masuk ke Indonesia. Beberapa tahu belakangan Stand Up Comedy mulai ramai di Indonesia seiring dengan perkembangan internet khususnya social media. Dan beberapa kota suda memiliki komunitas-komunitas tersendiri, tak hanya di jawa tapi juga di kalimantan dan Sumatra.

Stand Up Comedy ini jelas bisa menjadi alternatif hiburan dari pilihan hiburan-hiburan yang ’suram’. Seperti kita tahu pilihan hiburan-hiburan yang ada, sinetron yang hanya berisi keabsurd-an, Film yang didominasi oleh soal sex dan Hantu, sepakbola yang lagi kisrum, lawak masih soal pukul-pukulan dan lelucun mbully, Serta Lawakan- dagelan- sinetron politik dan hukum di negeri ini. Jadi ya standup comedy bisa jadi alternatif hiburan.

Standup Comedy itu Sensitif dan Terbuka

Kalau dibilang dagelan ala Stand Up Comedy ini segmented, saya pikir ya. Tapi bukan berarti hanya untuk kelas tertentu, saya maksud segemented adalah hanya bisa di nikmati oleh orang yang sensitif dan berpikir terbuka. Itulah kenapa tak semua orang bisa menonton standup comedy.

Wajar juga toh kebanyakan lawakan yang dibawakan adalah lawakan tentang SARA, SEX dan Politik. Jelas pilihan tema itu adalah tema yang ‘berat’ dan sensitif, beda dengan lawakan mbully orang karena wajahnya, jadi banci-bancian dll.

Dan pada akhirnya weekend saya kali ini pecah di standup comedy KOPER.


TAGS


-

Author

Follow Me