Dan bayangkanlah dunia mu tanpa Internet

13 Feb 2012

Cast Away ini boleh dibilang film lama, tahun 2000. Film yang menceritakan penjuangan seorang karyawan Fedex yang terdampar di sebuah pulau.

Ceritanya Chuck Noland yang diperankan Tom Hanks. Chuck merupakan salah satu Eksekutif muda mendapat tugas untuk meninjau cabang perusahaan di wilayah Pasifik Selatan.

Sebelum berangkat, ia melamar ke kasihnya kelly dan berjanji akan menikahinya sekembalinya ia dari tugas itu. Kelly memberinya arloji, didalam arloji itu ada photo dirinya.

Naas bagi Chuck, pesawat yang ia tumpangi mengalami kecelakaan dan terjatuh ke laut.Dia menjadi orang satu-satunya yang selamat dalam kecelakaan itu. Dan terdampar disebuah pulau tak berpenghuni.

Di pulau itulah perjuangan bertahan hidup sesungguhnya Chuck jalani selama 4 tahun. Pulau itu kososng, Chuck menjalani kehidupan sendirian. Hanya photo kelly dalam arloji dan sebuah bola yg di ’sulap’ jadi boneka menemaninya.

Sisi menarik dan memberikan pelajaran dari ceritaCast Awaybagi saya adalah tentang perjuangan hidup, cinta dan persahabtan.

Perjuangan hidup

Chuck putus asa karena ia telah berhari-hari membuat api dari gesekan rating. Perjuangan untuk membuat api luar biasa, berhari-hari ia mengosok-gosokan

ketika Chuck berjuang mencari makan dan minum. Bertahan hidup dipulau tanpa berpenhuni mencari makanan ikan dan kepiting, mencari minuman dan membuat api unggun dengan peralatan yang sederhana dan apa adanya.

Cinta

Kecintaanya pada kelly yang mebuat ia bertahan. Awal-awal dia terdampar, hari-harinya hanya diisi dengan melihat photo pacarnya di arloji. Dan karena kecintaan pada pacarnya itulah yang membuat dia bertahan.

Persahabatan

selain dengan pohoto keksaihnya yg selalu dipandanginya, ia ‘membuat’ sebuah boneka dari bola. Boneka itu menjadi shabatnya, tempat bercerita, berbagi kesedihan dan kesenangan. Saking dekatnya, boneka itu kerap dianggap ‘dewa’ baginya.

Wajar ketikaChuck berpisah - karena hanyut dibahwa ombak dilaut lepas ketika berjuang meninggalkan pulau - dengan boneka itu, Ia begitu kehilangan. Dia menagis berhari-hari dan sempat putus asa dengan cara membung dayunya.

Bagi saya, sisi persahabatan antara Chuck dan Boneka itulah yang menarik. Pesannya bagi saya adalah bahwa kita selalu butuh teman untuk berbagi dan bercerita.

Bayangkan kita terdampar

Ketika menonton film itu saya berndai-andai saya anda yang terdampar. Ketika ingin bertamu untuk ngobrol bisa bertemu, jika tak sempat bisa via BBM, tweet facebook. Punya keluhan, tinggal berkeluh kesah di blog, di twitter atau di facebook. Pokoknya connected banget lah.

Kita yang terbiasa dengan kemudahan berkomunikasi tiba-tiba terputus komunikasi. Tak bisa cek mention kalau lagi suntuk, kirim DM kalau BBM pending mulu, ga bisa skype-an kalau harus kodinasi kerjaan atau pengen liat muka di yayangnya. Bayangkanlah gimana rasanya kalau dunia mu tanpa twitter, facebook, BBM, Ym, skype, google dll ( internet). Terputus total


TAGS


-

Author

Follow Me